Pada tanggal 18 Juli 2020, Aparatur Muda kembali mengadakan Ngobrol Nyantai Aparatur Muda (NYATA) secara virtual. Sama seperti pada NYATA Vol 3,  Aparatur Muda tetap dan terus berkomitmen untuk mengikuti arahan pemerintah untuk social distancing (kamu juga kan #KawanAparatur ??). Kegiatan NYATA kali ini adalah NYATA Vol. 4, yang mana Aparatur Muda beserta para #KawanAparatur membahas mengenai kebijakan pemulihan ekonomi nasional terkait pandemi Covid-19 khususnya bagaimana kita dapat meringankan beban ekonomi berat yang dipikul masyarakat Indonesia akibat pandemi.

NYATA Vol 4 ini dihadiri oleh #KawanAparatur dari berbagai institusi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Bahkan, kita juga kedatangan #KawanAparatur dari Pemprov Jabar, yang berkenan berbagi cerita kepada kita tentang bagaimana pemerintah menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat. Ternyata proses penyaluran bantuan itu tidak semudah yang selama ini kita sangka. Pemerintah provinsi Jabar harus bekerja keras mengantarkan bantuan sosial kepada masyarakat-masyarakat yang ada di daerah terpencil, bahkan pegunungan. Mereka menggunakan segala jenis moda transportasi yang ada agar dapat menemui masyarakat tersebut. Mendengar cerita haru itu, semua #KawanAparatur jadi semakin ingin untuk mendisiplinkan diri mengikuti protokol kesehatan namun juga bisa membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan saat weekend, namun seluruh #KawanAparatur mau mengikuti diskusi dari awal hingga selesainya acara loh!

Alwin dan Dimas dari Aparatur Muda membuka kegiatan diskusi dengan memberikan berbagai informasi dan pertanyaan pemantik. Peserta diskusi, para #KawanAparatur, kemudian dibagi menjadi 4 kelompok kecil dan dimasukkan kedalam Breakout Room. Empat kelompok ini membahas 4 isu yang berbeda, yaitu: penyaluran bantuan sosial, pembiayaan program Pemulihan Ekonomi Nasional, pencegahan peningkatan jumlah PHK, serta penciptaan lapangan kerja baru. Setelah mendiskusikan isu-isu tersebut di Breakout Room masing-masing, acara NYATA 4 dilanjutkan dengan seluruh kelompok menjelaskan hasil diskusinya kepada seluruh #KawanAparatur, dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Hasil diskusi NYATA 4 selengkapnya sudah dimuat dalam artikel Notulensi Diskusi #NYATAVol4 pada tab menu: Artikel ya #KawanAparatur!

Sedikit pesan dari diskusi tersebut, “Tidak dapat dipungkiri bahwa Covid-19 telah menciptakan krisis ekonomi yang sangat berat bagi Indonesia. Namun, di saat yang sama, krisis ini pun memberikan kita kesempatan untuk melakukan “reset” dan mentransformasi ekonomi kita mulai dari pemanfaatan big data sampai ke upaya mendesak investor agar tidak hanya memanfaatkan tapi juga memberdayakan masyarakat di tanah air. Untuk itu, kita perlu terus menyempurnakan PEN agar tidak hanya mampu memberikan obat pereda nyeri sementara namun juga menyehatkan ekonomi nasional di jangka panjang agar masyarakat kita dapat hidup lebih sejahtera dan bermartabat”.

—Kalau Aparatur Muda mengadakan policy discussion semacam ini lagi, #KawanAparatur ingin membahas topik apa?

0